Obat Herbal Dan Bagaimana Penggunaanya
0 comments
Share:
obat herbal

Banyak orang Indonesia yang masih menggunakan bahan herbal untuk menyembuhkan penyakit yang sedang dialami. Kebanyakan orang percaya bahwa tanaman herbal mampu menyembuhkan penyakit tanpa memberikan efek samping pada tubuh. Tidak heran jika banyak orang mulai mencari tahu tentang mengkonsumsi obat obatan ini. Mulai dari kelebihan, manfaat, hingga efek samping yang akan dirasakan.

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih herbal karena tidak memiliki efek samping. Selain itu, bahan herbal mudah untuk didapatkan. Kemudian bahan herbal tidak memiliki kandungan bahan kimia atau bahan keras yang dapat mengganggu kesehatan organ dalam.

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Mengkonsumsi Obat-obatan Herbal

Seperti yang diketahui bahwa herbal terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di sekitar lingkungan. Mulai dari tanaman herbal, buah, bunga, akar wangi, hingga kulit kayu. Dan sering juga digunakan untuk essential oil yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari

Setiap bahan alami juga memiliki kandungan tersendiri yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Meskipun obat herbal memang banyak dikonsumsi, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Mulai dari kandungan dan juga efek samping obat herbal bagi tubuh. Terkadang obat ini juga sudah dijual dalam bentuk kemasan. Meskipun begitu, bahan herbal dalam kemasan juga perlu diwaspadai.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang mengkonsumsi obat dari tanaman herbal adalah melihat kandungan apa yang ada di dalam  herbal tersebut. Apakah kandungannya jelas atau tidak. Terkadang  herbal dalam kemasan tidak memiliki kandungan yang jelas.

Selain itu, herbal yang berada dalam kemasan harus memiliki izin edar. Terkadang ada beberapa obat herbal yang tidak memiliki izin edar.

Tentang Mengkonsumsi Obat Herbal, Apakah Aman Dikonsumsi?

Salah satu kelebihan dari obat ini adalah terbuat dari bahan alami yang terkadang tidak memiliki efek samping. Meskipun terbuat dari bahan alami, namun obat dari tanaman herbal memiliki beberapa efek samping yang dapat beresiko pada kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah tanaman herbal temulawak. Temulawak sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan juga mengatasi sembelit. Dari manfaat tersebut ternyata temulawak memiliki efek samping.

Hal ini dikarenakan temulawak memiliki sifat untuk mengencerkan darah yang dapat menyebabkan pendarahan pada ginjal. Obat herbal memang aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

Namun sama seperti obat medis, obat herbal juga memiliki batasan penggunaan. Oleh karena itu, setiap harus mengetahui tentang mengkonsumsi herbal.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa obat herbal memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah tidak memiliki kandungan kimia yang dapat merusak organ tubuh, kemudian efek samping tidak terlalu besar seperti pengkonsumsian obat medis.

Disamping kelebihannya, ada beberapa efek samping yang mungkin bisa dirasakan ketika mengkonsumsi herbal ini. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa obat ini juga memiliki efek samping meskipun terbuat dari bahan alami.

Oleh karena itu, ada batasan usia dan batasan dosis untuk mengkonsumsi herbal. Ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang lebih baik menghindari pengkonsumsian herbal. Diantaranya adalah ibu hamil, orang yang akan menjalani operasi, dan orang yang memiliki penyakit tertentu.

Sembarangan dalam mengkonsumsi bahan herbal dapat berakibat buruk pada tubuh. Sebelum mengkonsumsi herbal, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Kemudian mengetahui kandungan dan efek samping dari pengkonsumsian obat-obatan ini.

Pastikan anda mengetahui tentang mengkonsumsi obat herbal mulai dari manfaatnya, kandungannya, kelebihan, dan juga efek samping obat tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa disamping kelebihan herbal dan alami terdapat efek samping yang mungkin bisa beresiko pada kesehatan tubuh.

Artikel Sebelumnya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
%d blogger menyukai ini: